Keindahan Taman dan Atap Pulau Jawa


DSC03140 [800x600]Halloooow sahabat dan saudara-saudara saya yang ada disini, disana dan dimanapun anda  berada serta yang lagi duduk manis sambil membaca sedikit petualangan saya dan teman-teman keTAMAN dan ATAP PULAU JAWA.

Oke.. baiklah kita mulai dari Taman, yang saya maksud TAMAN disini adalah bukan taman yang ada dihalaman rumah atau taman di kota temen-temen, tapi taman ini adalah salah satu Taman Surga berupa pemandangan alam yang luar biasa yang terdiri dari deretan pegunungan dan gunung serta kawahnya yang masih aktif dan masih menyemburkan asapnya yang pekat dan sengaja dicipkan oleh Tuhan yang maha esa sebagai anugrah yang dapat teman-teman lihat sehingga temen-temen  bisa merenungi atas kekuasaan dan karunianya yang maha indah. Dan ATAP PULAU JAWA disini adalah sebuah dataran tertinggi dari pulau jawa, sebuah dataran berupa sebuah puncah gunung teeeeeeerrrrtinggi dipulau jawa yang dinamai dengan nama puncak MAHAMERU dengan ketinggian 3676 mdpl (meter diatas permukaan laut).

Taman dan Atap Pulau Jawa masih masuk salah satu area dari  Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) yang masuk kedalam wilayah daerah Malang, Lumajang dan Probolinggo Jawa Timut. Nama “Bromo” diambil dari salah satu gunung dengan kawahnya yang masih aktif yang dinamai kawah bromo, dan nama “Tengger” sendiri diambil dari nama Suku atau warga yang ada dan tinggal disekitar Gunung Bromo dan Gunung Semeru, sedangkan nama “Semeru” diambil dari pegunungan tertinggi pulau jawa dengan puncaknya yang bernama puncak MAHAMERU (3676 mdpl). Okee lanjutt….!!

BROMO (Taman Jawa)

Pertama teman-teman akan saya ajak berkeliling melihat keindahan TAMAN dari Pulau Jawa yaitu kawasan yang masuk salah satu area dari  Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), disini teman-teman akan benar-benar dibuat terlena, terpukau, WOOOWW, sejauh mata memandang  akan terlihat hamparan hijau dan deretan gunung dan kawahnya yang masih aktif dan mengeluarkan asap setiap beberapa menit sekali, sungguh AMAZING….. Di kawasan Bromo ada beberapa spot-spot atau tempat yang wajib dan harus dikunjungi jika berkunjung kesini, diantaranya Penanjakan 1, Penanjakan 2, Lautan Pasir, Kawah Bromo, dan Bukit Teletubbies.

Pananjakan 1 dan 2

Kebanyakan orang-orang yang datang kebromo mereka kesana pagi hari untuk menginap, mereka menyewa vila, atau hotel yang banyak terdapat disekitaran bromo, tujuannya apa…?? supaya mereka bisa melihat sunrice serta pemandangan yang luar biasa dari Penanjakan 1 atau Penanjakan 2 ke-esokan harinya. Umumnya mereka berangkat dari vila atau hotel pada dini hari sekitar pukul 02.00 / 03.00 pagi dengan menyewa jeep atau hard top, pakai motor juga bisa jika bawa motor. Spot terbaik untuk melihat sunrice adalah  di  penanjakan 1 karena lokasinya didataran paling tinggi dari area sekitar bromo, sedangkan penanjakan 2 lokasinya agak dibawah dari penanjakan 1 , dari hasil pemandangan penanjakan 1 dan 2 sama-sama bagus kok. Penanjakan adalah nama dari deretan pegunungan yang mengelilingi area bromo, tempat terbaik untuk melihat bromo dan semeru.

View dari Pananjakan 1

View dari Pananjakan 2

Deretan pengunungan Pananjakan atau sebagai tempat tujuan utama pada wisatawan domestik dan mancanegara guna melihat matahari terbit yang sangat indah dan itu adalah buruan utama pada photografer untuk mengaabadikan moment tersebut, penampakan pegunungan panajakan seperti berikut.

Pegunungan Pananjakan

Pegunungan Pananjakan

Lautan Pasir

Selanjutnya kita berkunjung kelautan Pasir, disini kita akan dihadapkan dengan area gurun pasir seluas berhektar-hektar (gak tau dah berapa luasnya.. hehehe), lautan pasir disini adalah hasil dari erupsi gunung bromo, untuk pengendara motor harap berhati-hati ketika melewati lautan pasir ini karena dataran pasirnya yang tidak rata dan bergelombang sehingga apabila tidak hati-hati maka akan jatuh berkali-berkali (seperti saya.. hehhe). Dilautan pasir ini juga sering sebagai tempat shotting beberapa film, diantaranya film “Tentangan Dari Langit”.

Bukit Teletubbies

Bukit Telletubies, saya sendiri kurang tau mengapa dinamai demikian tapi dari namanya sendiri itu diambil dari serial anak-anak yang pernah ada diTV dengan nama Telutubbies, karena disini terdapat bukit-bukit yang hampir sama dengan area diserial TV Teletubbies tersebut, makanya dinamakan bukit Teletubbies, bukit teletubbies disini berbentuk bebepada bukit kecil yang hijau dan indah untuk dilihat serta tidak terlalu tinggi, seperti ini bukitnya…

Kawah Bromo

Kita lanjut kearea selanjutnya yaitu kawah Bromo, kawah bromo bisa ditempuh sekitar 30 menit dengan jalan kaki dari area parkir motor atau jeep yang kita tumpangi, jalannya agak menanjak siihhh… tapi mudah kok, kecuali jika temen-temen tidak kuat untuk jalan disana sudah berjajar kuda yang siap mengantar teman-teman untuk naik keatas, tentu kudanya tidak gratis alias sewa, karena kuda-kuda tersebut salah satu pemasukan dari masyarakat suku tengger. Untuk sampai kekawah bromo kita harus menaiki sekitar 200an anak tangga, setelah sampai diatas kawah temen-temen akan disuguhkan oleh asap kawah yang bersumber dari kaldera bromo yang masih aktif, disini temen-temen harus hati-hati karena jangan sampai terjatuh atau terpelesat kesisi luar apalagi kesisi dalam dari kawah, soalnya kita dengan kawah cuma dibatasi dengan pagar setinggi 1 meter.

Gunung Batok

Tepat disamping dari gunung bromo atau kawah bromo terdapat sebuah gunung yang sangat khas, namanya gunung batok, dinamakan gunung batok karena bentuknya yang melinggar dan membentuk setengah bola seperti batok (tempurung kelapa yang dibelah menjadi dua)  karena itu dinamakan gunugn batok, untuk mendapat view dari dekat gubung batok bisa dilihat sekalian pas mau naik ke kawah gunung semeru, karena kita pas berada disamping gunugn batok.. seperti gambar berikut..

Upacara Kasodo

Dibromo juga ada beberapa ritual tradisional atau upacara yang dilakukan suku tengger, salah satunya kemarin tanggal 23-24 Juli 2013 yang barus saja dilakukan adalah “upacara kasodo”, upacara kasodo dilakukan oleh mereka yang beragama hindu sebagai bentuk syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh tuhan, serta meminta berkah berupa panen dan ternah yang melimpah. Upacara kasodo diadakan disetiap malam bulan purnama pada bulan kasodo (pada penanggalan jawa), caranya dengan mereka mengumpulkan hasil bumi, perdagangan, ternak, dll untuk dilarung kawah bromo atau didoakan dipure, upacara ini tidak hanya dilakukan oleh suku tengger tapi oleh beberapa masyarakan hindu yang ada didaerah sekitar bromo (Lumajang, Blitar, Probolinggo, Malang, dll).

Mula-mula upacara dimulai ditengah malam dengan mengumpulkan hasil bumi, ternak, sesaji, dll dan dibawa kepure yang ada ditengah-tengah lautan pasir bromo, dan pure itu dibuka dan bisa dimasukki oleh masyarakat umum hanya ketika ada upacara atau kegiatan agama hindu disana, disitu para tabib atau dukun berdo’a sampai pagi, dan pada pagi harinya mereka mulai membawa barang-barang sesaji tersebut untuk dibawa kekawah bromo dan dilarung disana, selain itu juga ada acara pengangkatan tabib atau dukun baru pada setiap desa. Banyak masyarakat suku tengger yang turun ketebing bromo untuk menangkap sesajian yang dilempar kekawah, tujuannya supanya mereka mendapat berkah dari sesajian yang dilemparkan tersebut. kurang lebih seperti itu rentetan acaranya.

4X menikmati keindahan bromo dengan teman-teman dan komunitas yang berbeda, tak membuatku bosan untuk terus mengunjunginya. Dijamin… dijamin tidak akan bosan jika berkali-kali pergi kebromo :D… #Bromo 1 (CCL), #Bromo 2 ( Geje), #Bromo 3 (Hm3), #Bromo 4 (kasodo ceremony).

Bunga Edelweis

Oh yaaa,, satu lagi oleh-oleh khas dari bromo, disini banyak yang berjualan kaos, kupluk atau topi, dan sarung tangan, tapi yang menjadi khas disini adalah oleh-oleh bunga edelweis atau bunga abadi, bunga yang hanya bisa ditemukan disekitar bromo dan gunung semeru, kenapa dinamakan bunga abadi?? Karena bunga tersebut lamaaaaaaaaa sekali layu atau matinya, dijamin awet selama bertahun-tahun, seperti punya saya yang ada dirumah sudah setahun lebih bunganya masih sama dari bentuk dan warnannya dan belum layu, gak tau gimana itu layunya ^^. Harganya sangat terjangkau sekitar Rp.5000 – Rp.40.000 tergantung bentuk dan ukurannya. Bunga ini juga sering digunakan atau diberikan kepada pasangan sebagai bentuk simbol kecintannya yang abadi yang tidak akan pernah layu (so sweet)..

Oke kita lanjut kesegmen selanjutnya, segmen bromo saya akhiri di bunga edelweis, kita masuk kesegmen semeru,, ceeKKeeddOOOOtt…

SEMERU (Atap Jawa)

Perjalanan ekpedisi ke gunung semeru dengan puncaknya mahameru kita dimulai dari kota malang lalu kita masuk kekota tumpang pintu masuk menuju semeru, dari tumpang langsung menuju ke pos pemberangkatan atau pos perijinan ranupani, sebelum sampai di pos perijinan kita masuk kepos tiket pembayaran masuk kawasan TNBTS, setelah itu kita langsung ke ranupani untuk malakukan perijinan.

Dipos perijinan ranupani kita melaporkan berapa jumlah anggota yang diajak, perlengkapan  dan perbekalan logistik makanan apa saja yang sudah dibawa, karena apa?? Karena perjalan ke puncak mahameru bukan perjalan tour wisata biasa, perjalanan ke puncak mahameru dibutuhkan fisik, mental, stamina, serta perlengkapan dan logistik yang menunjang kehidupan selama menuju puncak mahameru. Perlengkapan yang dicek meliputi tenda, sleeping bag, alat kesehatan, jumlah makanan yang dibawa, dll. Setelah melakukan perijinan dan dapat ijin kita langsung berangkat menuju mahameru.

Digapura pemberangkatan tak lupa berdo’a demi keselamatan kita semua agar bisa sampai dan pulang dengan selamat.

Dari ranupani kita mulai  berjalan kaki setapak demi setapak sampai puncak mahameru, jadi jangan dibanyangkan ditengah jalan akan ada angkutan umum atau ojek, karena dijamin tidak akan ada.. hehehe. Kita akan melewati hutan yang lebat dan rimbun, tapi jangan kwatir tersesat karena sudah ada rutenya, jadi cukup mengikuti rute dan petunjuk yang ada dan jangan membuat rute sendiri kita pasti bisa sampai ke mahameru.

Ranukumbolo

Tujuan pertama kita menuju “ranukumbolo 2400 mdpl” atau masyarakat dan pendaki menyebutnya danau surga atau surganya mahameru, rute menuju ranukumbolo melewati 4 pos yang berjarak kurang lebih 8-10 km dari ranupani. uuuuuuuhhh, gak jauhkan..! hehehe. Posnya sendiri hanya berbentuk seperti tempat berteduh dan beristirahan dengan luas sekitar 2×2 meter. Pos 1 pos 2 berhasil dilewati sampai dipos 3 ternyata posnya sudah rubuh alias hancur, dipos 3 kita akan disuguhi oleh tanjakan yang lumayan sangat menguras tenaga. Sampailah dipos 4 kita sudah bisa melihat ranukumbolo, tapi sebelum sampai ditempat camp (berkemah) ranukumbolo kita masih berjalan sekitar 30 menit.

Sampai diranukumbolo kita tidak disulitkan lagi dengan air karena sumbernya yang melimpah dan masih terjamin kebersihannya, bahkan kita minum langsung dari danau ranukumbolo tanpa direbus terlebih dulu, dan  rasanya sungguh segar, airnya masih jenis, bening, dan belum ada pencemaran. Jadi aman jika langsung dikonsumsi.

Tanjakan Cinta

Dari Ranukumbolo kita melanjutkan perjalan ke kalimati, lanjut dari  tempat camp ranukumbolo kita dihadapakan sebuah tanjakan yang dinamakan Tanjakan Cinta, dilihat sepintas kelihannya dekat dan mudah tapi pas dicoba ternyata lumayan menguras stamina (keringan bercucuran). Mitosnya barang siapa berhasil menaiki tanjakan cinta tanpa melihat kebawah atau belakang makan cintanya akan tercapai, begitu sih ceritanya tapi terserah temen-temen percaya atau tidak, silahkan dibuktikan sendiri ^^.

Oro-oro Ombo

Setelah berhasil sampai atas dari tanjakan cinta kita langsung dihadapkan sebuah pemandangan yang gak kalah indahnya dari ranukumbolo yaitu taman “oro-oro ombo”, sebuah savana dan taman yang sangat luas, kita turun dari tanjakan lalu sampai disebuah taman yang ditumbuhi bunga berwarna ungu yang lebat dan indah, pas bertepatan bulan juni bunga-bunga disini lagi mekar-mekarnya, orang-rang menyebutnya bunga lavender padahal bukan, bunga dioro-oro ombo adalah bunga Verbena brasiliensis vell (VB Vell) yang asalnya dari Amerika latin, gak tau tu siapa yang tanam disana,  Penampakan foto oro-oro ombo  dan si bunga ungu yang cantik seperti berikut ini.

Masuklah kita di tempat yang bernama “cemoro kandang 2500 mdpl” tempat peristirahatan setelah melewati oro-oro ombo, kemudian lanjut dan tibalah kita ditempat yang bernama “jambangan 2600 mdpl” dan dari jambangan sudah dekat dengan kalimati, dari sini kita sudah melihat semeru dan puncaknya mahameru yang tertutup kabut.

Kalimati

Sampailah kita “dikalimati 2700mdpl”, dinamakan kalimati karena dulunya tempat ini pernah dialiri aliran air atau namanya “kali”, tapi aliran airnya mengering makanya dinamakan kalimati. Kalimati sebagai tempat camp yang kedua setelah ranukumbolo, dari kalimati kita sudah benar-benar bisa melihat dengan jelas gunung semeru dan puncaknya yang mengeluarkan asap.

Air bersih tidak bisa kita temukan dikalimati tapi bisa temukan di “sumber mani” yang letaknya sekitar 30 menit perjalan kaki dari tempat camp kalimati, dan itu adalah satu-satunya sumber air yang ada disekitar kalimat, seumber mata airnya hanya berupa pancuran air yang kecil tapi cukuplah untuk mengisi logistik air bersih. Dengan membawa botol bekas minuman dan jirigen kita bergantian mengambil air ke sumber mani jika perbekalan air sudah habis.

Puncak Mahameru

Dari kalimati ditengah malam pukul 00.00 kita mulai berangkat untuk menuju kepuncak mahameru, tentunya kita tidak sendiri karena ada lumayan banyak pendaki-pendaki lainnya berusaha bersama-sama agar bisa sampai kepuncak, walau ditengah cuaca yang sangat dingin dan medan yang terus menanjak dan itu merupakan medan tersulit selama perjalan menuju mahameru. Dengan membawa perbekalan makanan dan minuman yang kita simpan di tas kecil kita mulai menapakkan kaki kedalam hutan kaki gunung semeru ditengah malam, selangkah-demi selangkah sampailah di “archopodo” yaitu dataran yang ada ditengah hutan yang biasa juga sebagai tempat camp, dari archopodo lanjut menuju “cemoro tunggal”, dinamakan cemoro tunggal karena dulu acara sebuah pohon cemara yang sangat besar berjumlah 1 yang sekarang pohon tersebut sudah roboh karena sudah dimakan usia, di cemoro tunggal juga sebagai batas akhir dari hutan dan pasir gunung semeru. dan sampailah dipasir gunung semeru, perjalanan akan semakin sulit, medan yang sulit, cuaca yang ekstrim, perbekalan yang terbatas, stamina dan tenaga yang terkuras dengan cepatnya, tapi kita tetap semangat demi sampai diatap pulau jawa, yaaahhh… hanya tenaga berupa semangat dan tekat yang kuat dan setebal baja demi utnuk menaklukkan gunung tertinggi dipulau jawa, sejengkal demi sejengkal kita lalui dan pada akhirnya kita sampai dan berhasil sampai dipuncak “mahameru 2676 mdpl”…..

“WOOOOOOOWWW” sunggu luar biasa berjuangan kita, benar-benar kekuatan berupa semangat sehingga kita bisa sampai dipuncak….

“Maha besar Tuhan yang menciptakan segala kemegahan ini” mungkin itu adalah kalimat bisa menggambarkan kebesan Tuhan yang telah mencipakan alam yang begitu luasnya dan begitu indahnya, kita seperti berada dinegeri langit, negeri awan, pulau langit, samudra awan karena yang kita lihat hanya awan serta pengunungan lainya yang menjulang tinggi…

Foto keindahan semeru selengkapnya bisa dilihat disini (eXpedisi Semeru)

Rute Jalur pendakian ke puncak mahameru seperti berikut (sumber : http://bromotenggersemeru.com/page/52/peta-jalur-pendakian-semeru)

Rute perjalan kemahameru

Rute perjalan kemahameru

Video perjalanan dan petuangannku ketika menuju ke atap pulau jawa (mahameru 2676mdp) bisa dilihat dibawah ini.

Hidup adalah sebuah kebahagiaan, harapan, keinginan dan cita-cita, untuk menggapainya tidak semudah  membalikkan telapak tangan, perlu yang namanya niat, perjuangan, tekad dan semangat pantang menyerah, insyallah kita bisa mencapai semuanya itu, seperti dalam sebuah gambaran yang kecil perjuangan dan semangat pantang menyerah dalam menggapai atap pulau jawa.

Mungkin cukup sekian cerita tentang MyAdventure with my friend di “Taman Dan Atap Pulau Jawa”, semoga bisa mengispirasi teman-teman pembaca tentang betapa tuhan maha luas dan maha indah, tuhan mencipakan alam ini dengan begitu indah dan luasnya, tugas kita sekarang (manusia) untuk menjaga kelestarinnya dan jangan sekali-kali merusak alam yang indah ini, supaya kelak anak cucu kita masih bisa kesana menikmati keindahannya juga…

Salam 3676 mdpl

my adventure (M.Khoirur Roziqin)

my adventure (M.Khoirur Roziqin)

Estimasi dana

CIMG7855 [800x600]

Bromo :

  • Tiket masuk = Rp.10.000 / orang (sudah termasuk kebromo dan semeru) sekali berkunjung
  • Tiket motor = Rp. 3.000 / motor (jika bawa motor) sekali masuk kawasan TNBTS
  • Tiket mobil = Rp.10.000/ mobil (jika bawa mobil)
  • Sewa vila = Rp.100.000 – Rp.500.000 per malam ( tergantung vila dan jumlah orangnya)
  • Hotel = Rp.- maaf tidak tahu (karena kebromo belum pernah menginap hotel ^^)
  •  Jeep = Rp.300.000 – Rp.450.000 / jeep isi 5-7 orang (jika sewa jeep)
  • Kuda = Rp. 50.000 – Rp.100.000 / orang sekali jalan keatas (jika sewa kuda)

Semeru :

  • Tiket masuk = Rp.10.000 / orang (sudah termasuk kebromo dan semeru) sekali berkunjung
  • Tiket motor = Rp. 3.000 / motor (jika bawa motor) sekali masuk kawasan TNBTS
  • Tiket mobil = Rp.10.000 (jika bawa mobil)
  • Parkir motor = Rp.5000 / hari / motor (jika bawa motor)
  • Parkir mobil = Rp.- Maaf tidak tahu (belum pernah bawa mobil kesana ^^)
  • Perijinan Ranupani = Rp. (tergantung jumlah personil, tenda, dan perlekapan) kita kena Rp.70.000 dengan 12 person, 3 tenda, 4 tas carrier, 8 tas daypack, dan perlengkapan kecil lainnya.
  • Sewa Porter = Rp. 100.000 / hari/ porter sekali perjalanan kesemeru

Komentarnya jangan lupa zaw..😀

Posted on 30 July, 2013, in adventure and tagged , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. beguuss, pengeeeeeeeeeeeeeeeennn……

  2. Eh sumpah keren banget foto lautan pasir nya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s